Minggu, 02 Agustus 2015

Autobiografi




AUTOBIOGRAFI OF SOEKARMAN


            Namaku Sukarman, aku lahir di Kabupaten Purworjo pada tanggal 24 Desember 1996. Aku terlahir dari sembilan bersaudara yakni tiga laki-laki dan enam perempuan, dan aku adalah anak yang terakhir. Aku terlahir dari keluarga yang cukup sederhana yang tinggal Di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Provinsi jawa Tengah. Ayahku bernama Maryadi (alm) dan Ibuku bernama Ngatinah (almh). Dulu ayahku bekerja sebagai buruh tani di Desaku dan ibuku hanya bekerja sebagai ibu rumah tangga. Sebelum ayahku meninggal dunia, tiga dari kakak perempuanku meninggal dunia terlebih dahulu karena menderita suatu penyakit, setelah itu disusullah oleh ayahku, kira-kira sebelum aku menginjak bangku Sekolah Dasar. Setelah itu, saat aku memasuki kelas 8 SMP disusul oleh satu kakak perempuanku dan juga ibuku. Dan kini yang masih hidup dalam keluargaku hanyalah tinggal lima orang. Yakni dua kakak laki-lakiku,dua kakak perempuanku dan juga aku. Sekarang dua kakak perempuanku dan satu kakak laki-lakiku sudah memiliki keluarga sendiri, hanya tinggal satu kakak laki-lakiku dan juga aku yang belum memiliki keluarga sendiri.

            Pada saat berumur 6 tahun, aku memulai perjalananku menuju masa depan diawali dengan bersekolah di SD N 3 Donorejo yang beralamat Di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo pada tahun ajaran 2003/2004. Aku menyelesaikan pendidikanku di Sekolah Dasar selama 6 tahun. Setelah mendapatkan ijazah, aku melanjutkan di jenjang yang lebih tinggi yakni disebuah Sekolah Menengah Pertama yang berada di luar kota, bahkan diluar Provinsi. Sampai-sampai jika aku ingin sampai di sekolah, aku harus menempuh perjalanan kurang lebih 3 KM, melewati jalan yang naik turun dan juga terjal, dan itupun ditempuh dengan menggunakan kendaraan yang taka asing lagi bagi kita, yang  selalu kita pakai jika kita pergi ke sekolah. Apalagi kalau yang bukan namanya “sepatu” alias jalan kaki. SMPku itulah yang bernama SMP N 4 Girimulyo yang beralamat di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo DIY. Aku masuk di SMP ini pada tahun ajaran 2009/2010. Setelah aku menyelesaikan pendidikanku di SMP selama 3 tahun dan sudah  mendapatkan ijazah, sebenarnya aku tak ingin melanjutkan pendidikanku ke jenjang yang lebih tinggi, karena mengingat kondisi ekonomi keluargaku yang sangat tidak memungkinkan untuk aku melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi, saat itu aku memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolah. tetapi menimba ilmu agama di Pesantren Saja, tetapi Alhamdulillah ada seorang guru yang bernama bp.Wahyu Widodo,S.Pd, Beliau adalah seorang guru BK di SMP sepupuku (SMP N 3 Girimulyo) tapi sekarang mengajar di SMP N 1 Lendah Kulon Progo. Beliau menawari aku untuk dapat  melanjutkan sekolah dijenjang yang lebih tinggi dan biayanya akan ditanggung beliau sampai aku lulus. Dan akhirnyapun aku langsung terbang dan sampailah disebuah Yayasan pendidikan yang bernama Yayasan Al-Furqon yang berada Di Kota Bantul DIY pada tahun ajaran 2012/2013, tepatnya di Dk.16 Desa Murtigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul DIY. Yayasan ini bukan sembarang Yayasan, tetapi Yayasan yang menyatu dengan sebuah Pondok Pesantren yang memiliki sejuta misteri ilmu yang akan membawa kita menuju masa depan yang bahagia. Bukan hanya kebahagiaan masa depan kita di dunia tapi juga kebahagiaan masa depan kita di akhirat kelak. Pondok Pesantren itu adalah Pondok Pesantren Al-Furqon Sanden. Tak hanya Pondok Pesantren yang berada di dalam naungan Yayasan Al-furqon, tetapi juga ada SMK IT Al-Furqon Sanden yang membuka jurusan Tekhnik Otomotif bidang keahlian Tekhnik Sepeda Motor (jurusanku) dan jurusan Tata Boga bidang keahlian patisery. Dan pada tahun ajaran 2015/2016 ini  membuka jurusan baru yaitu tata busana. Dan selain itu ada juga beberapa lembaga, seperti Madrasah Tsanawiyah, panti Asuhan Yatim Piatu dan Fakir Miskin, KJKS BMT Sanden, dan lain sebagainya. di SMK IT Al-Furqon Sanden inilah aku memperoleh ilmu yang sangat pas, karena seimbang antara ilmu umum dan juga ilmu agama, sehingga siswa yang menuntut ilmu di pondok pesantren ini tidak tertinggal dan kalah bersaing dengan siswa yang bersekolah di sekolah umum dalam dunia pendidikan. Malah lebih unggul yakni di bidang pendidikan agama. Selama menuntut ilmu di SMK ini selama 3 tahun, akhirnya aku bisa lulus pada tahun ajaran 2014/2015. Dan kini pada tahun ajaran 2015/2016 ku mencoba untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negri di DIY. Aku  mencoba mendaftar SNMPTN, SBMPTN dan juga UM-PTKIN.. Cita-citaku ingin masuk di jurusan ilmu Komunikasi, sehingga kelak ketika dewasa  aku dapat mengomunikasikan dan mendakwahkan agama islam dan ilmu yang telah ku peroleh selama aku menuntut ilmu di Lembaga Pendidikan ini di berbagai media masa, seperti menjadi Journalist, wartawan, reporter dan lainnya, karena mengingat pada zaman sekarang ini banyak orang yang sudah mulai bosan mendengarkan nasehat-nasehat agama seperti ceramah, pengajian, majelis ta’lim dan sebagainya. Yang lebih senang kebanyakan orang dizaman sekarang ini adalah melihat atau mendengarkan berita dan informasi melalui media masa. Seperti TV, Radio, Internet Dll. Untuk itu bidang ilmu komunikasi adalah bidang yang sangat aku inginkan karena dengan masuknya aku di bidang itulah, aku dapat mengaplikasikan ilmuku dan menarik simpati orang-orang untuk lebih menyukai program-program di media masa yang dapat bermanfaat apalagi dalam memperbanyak ilmu dan pengetahuan kita dalam bidang ilmu agama. Dan Alhamdulillah aku dapat diterima Di sebuah Universitas Islam Negri Di DIY yang sudah aku impi-impikan yakni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Isalam melalui Jalur UM-PTKIN. Sebenarnya aku juga diterima Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta jurusan ilmu Perpustakaan melalui jalur SBMPTN. Tetapi aku hanya mengambil salah satu. Yaitu Komunikasi dan Penyiaran Islam karna itu adalah jurusan yang sangat aku impi-impikan. Semoga aku dan kita semua dapat mencapai cita-cita yang kita impi-impikan dengan mudah dan kita semua dapat meraih kesuksesan di dunia dan di akhirat….. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar